Membangun Usaha Bimbingan Belajar Di Rumah

Ketika ingin membangun sebuah usaha, pasti akan melalui proses yang rumit dan sulit. Apalagi jika usaha tersebut harus dirintis mulai dari nol. Bahkan perusahaan ternama yang sudah jaya pun dulunya juga pernah mengalami masa-masa sulit.

Seperti dalam artikel ini, kita akan membahas tentang cara membangun sebuah usaha bimbingan belajar di rumah. Jika anda adalah seorang pemula, bisnis ini pasti aka sangat berat untuk anda. Karena anda harus memikirkan cara mengajarkan pelajaran pada anak-anak agar mereka dapat memahami pelajaran yang anda berikan.

Bukan hanya itu, anda juga harus memahami disaat mereka sedang bosan dan tidak ingin belajar, anda harus mengerti bagaimana cara mengembalikan keceriaan mereka untuk kembali belajar dan lain sebagainya. Berikut ini ada beberapa cara membangun usaha bimbingan belajar di rumah.

1. Tentukan Umur

Sebelum anda membuka usaha ini, anda harus menentukan terlebih dahulu berapa umur murid yang akan anda terima untuk bimbingan di rumah anda. Anda bisa melihat dari kemampuan anda. Artinya jika anda pintar dan mengerti pelajaran kelas 1 SD hingga kelas 6 SD, sebaiknya anda menerima murid dengan umur kelas 1-6. Begitu juga sebaliknya.

2. Tentukan Pembayaran Perbulan

Untuk menentukan pembayaran bimbingan perbulan, sebaiknya anda mematok harga pasaran atau jangan terlalu mahal. Apalagi jika bimbingan belajar tersebut berada di kawasan perdesaan. Harga yang anda ambil jangan terlalu mahal dan jangan membuat anda rugi. Jika harga yang anda tentukan mahal dan banyak orang yang tidak mampu, maka mereka akan mencari tempat lain.

3. Pilih Tempat

Jika anda ingin membuatnya di rumah anda sendiri, sebaiknya anda mencari bagian yang paling nyaman dan tidak membosankan. Apabila rumah anda memili gubuk atau semacamnya, anda bisa menjadikan gubuk tersebut sebagai kelas untuk bimbingan belajar.

4. Tentukan Hari

Ini adalah hal yang paling penting. Tentukan hari-hari yang akan anda buka kelas bimbingan. Jika anda adalah seorang ibu rumah tangga, maka akan sangat mudah untuk anda menentukan hari. Tapi jika anda menjadikan usaha ini adalah usaha samoingan dari pekerjaan anda, maka sebaiknya anda mengambil hari dimana anda tidak bekerja atau kuliah.

5. Sewa Guru

Jika anda memiliki banyak murid dari berbagai umur atau tingkat kelas, sebaiknya anda menyewa orang lain untuk ikut mengajar bersama anda agar anda bisa memantau semua murid. Harga yang anda bayar bisa dengan persen. Sebelum anda menyewa, sebaiknya anda lihat dulu atau mencari tahu kemampuan dari orang tersebut.

Untuk bimbingan ini, anda perlu keyakinan dan kesbaran dalam menghadi murid-murid anda. Karena tidak semua murid cepat menangkap atau memahami apa yang anda ajarkan. Anda akan butuh bantuan orang lain untuk ikut mengurus usaha anda tersebut. Maka anda harus mencari orang yang ramah dan suka dengan anak-anak. Karena anak-anak akan mengerti bila yang mengajarkan mereka juga menyukai mereka.

1 Comment

  1. Pingback: Peluang Usaha Modal Kecil yang Menjanjikan - UXGlow

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *