Cara Membuat Paspor Baru, Syarat dan Biaya – Paspor adalah dokumen penting yang wajib anda miliki dan dibawa, pada saat anda akan berpergian atau berwisata ke luar negeri. Akan berakibat fata jika anda tidak memiliki paspor, karena perjalanan anda pasti akan ditolak oleh pihak imigrasi di bandara atau pelabuhan.

Paspor ialah dokumen resmi yang berisi identitas seseorang atau pemegangnya. Paspor berlaku untuk dipakai sebagai identitas ketika akan melakukan perjalanan ke luar negeri dan diterbitkan oleh pejabat atau lembaga yang berwenang di sebuah negara.

Jika memiliki rencana untuk liburan atau pergi ke luar negeri tahun ini, anda bisa membuat paspor dari jauh-jauh hari. Saat ini, cara membuat paspor dan prosesnya cukup mudah.

Beberapa tahun yang lalu, mengantre di kantor imigrasi sudah hal biasa terlebih antreannya sangat panjang. Bahkan, tidak sedikit orang rela datang dini hari ke kantor imigrasi untuk mengantre. Sedangkan, kantor imigrasi ini sendiri baru akan dibuka pada jam 8 pagi.

Sekarang sudah ada layanan antrean paspor online bagi siapa saja yang ingin membuat paspor.

Sebelum anda datang ke kantor imigrasi , anda bisa menggunakan layanan ini untuk membuat jadwal pembuatan paspor dan juga mengambil nomor antrean. Layanan antrean paspor online sudah ada dalam bentuk situs, WhatsApp, dan aplikasi. Aplikasi layanan antrean paspor online hanya ada di Google Play Store atau Android untuk saat ini.

Jadi, apa saja persyaratan dan proses yang dibutuhkan atau cara buat paspor baru? Berikut ini merupakan pembahasannya.

Dokumen-Dokumen Persyaratan yang Harus anda persiapkan untuk Buat Paspor Baru

Sebelum anda mendaftar ke layanan antrean paspor online, anda harus tahu terlebih dahulu dokumen-dokumen apa saja yang dibutuhkan untuk melengkapi Persyaratan dan wajib untuk dibawa ke kantor imigrasi setempat pada saat akan buat paspor. Berikut ini merupakan dokumen-dokumen untuk syarat buat paspor:

  1. e-KTP asli dengan fotokopinya.
  2. Kartu Keluarga asli dengan fotokopinya.
  3. Ijazah (SD/SMP/SMA), akta kelahiran, surat atau buku nikah/surat baptis yang asli dengan fotokopinya. Untuk dokumen yang ini, pilih salah satunya saja, contohnya hanya akta kelahiran. Tapi, anda harus pastikan di dokumen itu ada informasi tentang nama, tempat dan tanggal lahir, dengan nama orang tua.
  4. Siapkan juga materai 6000.

Anda sudah membuat paspor dan ingin membuat paspor untuk anak, anda harus membawa paspor asli dan surat/buku nikah. e-KTP asli wajib anda bawa untuk pembuatan paspor.

Jika anda sudah mengurus pembuatan e-KTP tapi belum diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, anda hanya perlu membawa surat keterangan/rekomendasi dari disdukcapil.

Tahapan-Tahapan Mendaftar Layanan Antrean Online untuk Buat Paspor Baru

Sekarang, semua proses pembuatan paspor baru dan pengambilan nomor antrean harus anda lakukan secara online. Jadi anda tidak bisa lagi datang langsung ke kantor untuk mengantre manual.

Anda harus memilih salah satu dari media layanan antrean online yang ada: situs, aplikasi atauberbicara dengan layanan imigrasi setempat melalui WhatsApp.

Catatan Penting: Untuk paspor hilang/rusak/perubahan identitas tidak bisa melalui Pendaftaran antrean paspor online. Layanan antrean paspor online hanya untuk perpanjangan dan pembuatan paspor baru.

Cara Mendaftar Antrean Online dan Buat Paspor Baru melalui Aplikasi

  1. Download aplikasi “Antrian Paspor” di Google Play Store.
  2. Bukalah aplikasi dan daftar sesuai dengan formulir yang tersedia. Anda bisa mulai membuat username dan password, mengisi dengan nama anda, NIK, nomor hp anda, e-mail, sampai alamat lengkap.
  3. Jika sudah mengisi formulirnya dengan lengkap, anda harus memverifikasi pendaftaran melalui e-mail.
  4. Setelah pendaftaran anda verifikasi, anda bisa langsung masuk ke akunmu dengan menggunakan e-mail dan password yang sudah anda buat sebelumnya.
  5. Setelah masuk, pilihlah wilayah kantor imigrasi yang paling dekat dengan rumahmu/tempat tinggalmu.
  6. Selanjutnya, anda harus mengisi data permohonan antrean paspor, mulai dari mengisi tanggal yang diinginkan untuk pembuatan paspor, jam, sampai jumlah pemohon.
  7. Pastikan pengajuan antrean paspor anda telah disetuji dan juga masuk kedalam kuota harian sesuai tanggal yang anda pilih. Karena, disetiap kantor imigrasi mempunyai kuota harian untuk pengajuan pembuatan paspor.
  8. Jika sudah disetujui, anda bisa langsung datang ke kantor imigrasi yang telah anda pilih sesuai dengan tanggal dan jam yang anda telah ajukan sebelumnya di aplikasi.
  9. Lalu, tunjukkan kode booking atau QR Barcode yang ada pada akunmu kepada resepsionis atau petugas admin yang ada di kantor imigrasi.
  10. Kemudian petugas akan memberikan anda bukti cetak antrean yang berupa nomor urut panggilan pembuatan paspor.

Ketentuan pendaftaran Antrean Online Pembuatan Paspor via Aplikasi

  1. Anda bisa mendaftarkan lima orang sekaligus dalam satu akun.
  2. Lima orang yang didaftarkan harus yang termasuk ke dalam anggota keluarga inti contohnya suami/istri, anak, bapak/ibu dan diri sendiri.
  3. Antrean tidak dapat diajukan secara kolektif/bersama-sama jika bukan anggota keluarga inti.
  4. Aplikasi Layanan Antrian Paspor ini dapat digunakan untuk pembuatan paspor di beberapa kantor imigrasi berikut ini:
Sumber: Akun Twitter @ditjen_imigrasi

Cara Daftar Antrean Online Buat Paspor Baru lewat Situs Imigrasi

 Situs Daftar Antrean Online Pembuatan Paspor
Situs Daftar Antrean Online Pembuatan Paspor
  1. Buka situs https://antrian.imigrasi.go.id
  2. Klik pendaftaran di pojok kanan bawah kolom yang ada.
  3. Lalu, isi data diri untuk mendaftar.
  4. Ikuti tahapan-tahapan pendaftaran yang sudah tertera pada situs.
  5. Jika pendaftaran telah disetujui sesuai dengan tanggal dan jam pembuatan paspor yang anda pilih, maka simpan QR Barcode atau kode booking yang tertera di situs.
  6. Tunjukkan QR Barcode atau kode booking yang sudah anda dapat ke resepsionis atau petugas admin pada saat datang ke kantor imigrasi.

Cara Mendaftar Layanan Antrean Online untuk Membuat Paspor Baru melalui WhatsApp Gateway Service (WGS)

Nomor Antrean Via WA
Sumber Foto: Akun Twitter @ditjen_imigrasi
  1. Buka aplikasi WhatsApp, lalu buat obrolan/chat baru dengan format #Nama#Tanggal Lahir#Tanggal Kedatangan untuk Pembuatan Paspor.
  2. Contohnya: #ASEP#18091997#20052019.
  3. Selanjutnya, kirim chat ke nomor operator layanan sesuai dengan wilayah kantor imigrasi tempat tinggalmu.

Ada 4 kantor imigrasi yang bisa menggunakan layanan WhatsApp Gateway Service untuk daftar antrean online untuk saat ini, berikut ini 4 kantor imigrasinya:

  1. Kantor Imigrasi Kelas 1 Batam dengan nomor layanan WhatsApp Gateway Service 0822 8886 2017 atau 0822 8882.
  2. Kantor Imigrasi Kelas 1 Jakarta Pusat dengan nomor layanan WhatsApp Gateway Service 0812 9900 4406.
  3. Kantor Imigrasi Kelas 1 Tangerang dengan nomor layanan WhatsApp Gateway Service 08118119000.
  4. Kantor Imigrasi Kelas 1 Bogor dengan nomor layanan WhatsApp Gateway Service 08 1111 00 333.

Jika anda ingin buat paspor di kantor imigrasi lain selain 4 kantor di atas, anda dapat mendaftar antrean online melalui situs imigrasi atau aplikasi.

Tips Mendapatkan Kuota Antrean Paspor Online

  1. Cek secara berkala kuota antrean online pembuatan paspor yang ada di kantor imigrasi yang akan anda pilih.
  2. Anda bisa cek ketersediaan kuota pada hari Minggu setiap pukul 17.00.
  3. Jangan hanya terpaku pada satu kantor imigrasi saja, jika kantor imigrasi pilihan anda kuotanya selalu saja penuh, anda bisa cari alternatif kantor imigrasi yang lainnya.
  4. Jika anda telah berhasil mendapat kuota antrean, anda harus pastikan datang ke kantor imigrasi sesuai jadwal yang telah. Disarankan anda datang sekitar 1 jam lebih awal dari jam yang telah ditentukan. Karena, jika terlambat, nomor antrean anda akan hangus dan anda harus mendaftar antrean ulang atau dari awal lagi.

Proses & Cara Membuat Paspor Baru di Kantor Imigrasi

Jika elaht mendapatkan kuota antrean, langkah berikutnya ialah sebagai berikut:

  1. Silahkan langsung datang ke kantor imigrasi yang telah anda pilih sesuai dengan tanggal dan jam yang telah disetujui.
  2. Pastikan datang lebih awal dari jam yang telah ditentukan dalam antrean.
  3. Bawalah semua dokumen-dokumen persyaratan yang dibutuhkan dan alat tulis. Susun rapi dan masukkan ke dalam map atau amplop dokumen.
  4. Kenakan pakaian yang bersih dan rapi. Disarankan untuk jangan mengenakan pakaian atau atasan berwarna putih. Karena, pada saat pengambilan foto pembuatan paspor, background atau latar belakang yang digunakan pada sesi pengambilan foto di ruang layanan pembuatan paspor berwarna putih.
  5. pada saat datang ke kantor imigrasi, berikan foto QR Barcode atau kode booking kepada petugas layanan/resepsionis.
  6. Petugas akan melakukan scan QR Barcode tersebut ke dalam bentuk cetak berisi nomor urut antrean pembuatan paspor.
  7. Selain memberi nomor urut antrean, petugas juga akan melakukan pengecekan kelengkapan dokumen-dokumen yang sudah anda bawa.
  8. Jika kelengkapan dokumen Persyaratan sudah sesuai, petugas akan memberikan formulir data diri yang harus diisi di dalam map berwarna kuning.
  9. Isilah formulir yang telah diberikan petugas dengan benar dan lengkap. Sembari menunggu panggilan antrean anda.
  10. Jika sudah tiba giliranmu, berikanlah semua dokumen persyaratan kepada petugas yang berwenang.
  11. Petugas yang berwenang akan melakukan wawancara singkat. Biasanya, pertanyaan yang diberikan ialah alasanmu mengajukan pembuatan paspor. Jangan khawatir, Jawablah dengan jujur semua pertanyaan yang diberikan petugas.
  12. Jika semua dokumen telah sesuai dan memenuhi persyaratan, petugas akan melanjutkan proses ke tahap berikutnya ialah pengisian data ke dalam sistem komputer, memindai sidik jari, dan sesi foto.
  13. Apabila sesi foto telah selesai, itu artinya proses pembuatan paspor sudah hampir selesai. Anda akan diberikan bukti pengambilan paspor dan juga instruksi pembayaran biaya pembuatan paspor.
  14. Pembayaran biaya pembuatan paspor dilakukan dengan cara transfer ke nomor rekening resmi yang akan diberikan oleh pihak imigrasi. Bank yang bisa anda dipilih untuk pembayaran paspor di antaranya adalah BNI, BRI, Mandiri dan BCA.
  15. Paspor bisa langsung diambil tiga hari sesudah pembayarannya dilakukan. Jangan lupa untuk membawa bukti pengambilan dan struk bukti pembayaran saat anda datang ke kantor imigrasi.

Biaya Pembuatan Paspor Biasa dan e-Paspor

Jenis PasporKeteranganBiaya
Paspor Biasa 48 halaman untuk WNI/orang. Rp300.000
Paspor Biasa 48 halaman untuk pengganti yang hilang/rusak yang masih berlaku dan disebabkan oleh kelalaian. Rp600.000
Paspor Biasa 48 halaman pengganti yang hilang/rusak yang masih berlaku disebabkan karena bencana alam. Rp300.000
Paspor Biasa 24 halaman untuk WNI/orang. Rp100.000
Paspor Biasa 24 halaman untuk pengganti yang hilang/rusak yang masih berlaku dan disebabkan oleh kelalaian. Rp200.000
Paspor Biasa 24 halaman pengganti yang hilang/rusak yang masih berlaku disebabkan karena bencana alam. Rp100.000
Jasa penggunaan teknologi sistem penerbitan paspor berbasis biometrik. Rp55.000
e-Paspor 48 halaman untuk WNI/orang. Rp600.000
e-Paspor 48 halaman untuk pengganti yang hilang/rusak yang masih berlaku dan disebabkan oleh kelalaian. Rp800.000
e-Paspor 48 halaman pengganti yang hilang/rusak yang masih berlaku disebabkan karena bencana alam. Rp600.000
e-Paspor 24 halaman untuk WNI/orang. Rp350.000
e-Paspor 24 halaman untuk pengganti yang hilang/rusak yang masih berlaku dan disebabkan oleh kelalaian. Rp400.000
e-Paspor 24 halaman pengganti yang hilang/rusak yang masih berlaku disebabkan karena bencana alam. Rp350.000
Jasa penggunaan teknologi sistem penerbitan paspor berbasis biometrik Rp55.000

Penghitungan total biaya pembuatan paspor yang harus anda bayarkan disesuaikan dengan jenis paspor yang dibuat ditambah dengan biaya jasa biometrik sebesar Rp55.000. Contohnya, anda membuat paspor biasa baru 48 halaman, jadi total biayanya adalah Rp355.000.

Pembayaran dapat dilakukan dengan transfer melalui teller bank atau ATM BNI, Mandiri, BCA atau BRI dengan memasukkan kode pembayaran yang sudah tertera di dalam bukti tagihan. Simpanlah bukti pembayaran dan bawalah pada saat pengambilan paspor.

Anda bebas untuk memilih, mau membuat paspor biasa atau e-paspor. Perbedaannya ialah pada e-paspor atau paspor elektronik terdapat chip berisi data biometrik (sidik jari dan hasil pindai bentuk wajah) identitas anda. Chip ini terletak di bagian sampul paspor. Dengan adanya chip ini, paspor lebih terjamin keamanannya dan sangat sulit untuk dipalsukan jika dibandingkan dengan paspor biasa yang hanya berisi informasi atau identitas dasar pemegang paspor.

Dengan e-paspor, anda juga bisa menggunakan fitur autogate di bagian imigrasi tanpa perlu mengantre panjang. Ditambah, anda bisa pergi ke Jepang dengan menggunakan visa waiver yang tentu saja proses pengurusannya jauh lebih mudah dan cepat.

Tetapi, untuk saat ini, belum semua kantor imigrasi di indonesia menyediakan layanan pembuatan e-Paspor. Khusus untuk diwilayah Jabodetabek, pembuatan e-Paspor hanya bisa dilakukan di 6 kantor imigrasi berikut ini:

  1. Kantor Imigrasi Kelas 1 Jakarta Selatan, Warung Buncit.
  2. Kantor Imigrasi Kelas 1 Jakarta Barat, Taman Sari.
  3. Kantor Imigrasi Kelas 1 Jakarta Timur, Jatinegara.
  4. Kantor Imigrasi Kelas 1 Jakarta Utara, Kelapa Gading.
  5. Kantor Imigrasi Kelas 1 Jakarta Pusat, Kemayoran.
  6. Kantor Imigrasi Kelas 1 Banten, Bandara Soekarno Hatta.

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *